by

Penyuluh, Tulang Punggung Pembangunan Pertanian

NgapakuyNews – Memasuki era 4.0, Kementerian Pertanian RI mengafirmasi dukungan teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK) dalam pembangunan sektor pertanian. Salah satunya adalah melakukan revitalisasi Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) melalui pembentukan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostra Tani).

Demikian  dikatakan Dr Teddy Dirmansyah, Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Balitbangtan Kementerian Pertanian, Dr Teddy Dirmansyah, Sabtu (19/9) dalam kuliah perdana Mata Kuliah ‘Media Komunikasi dalam Pemberdayaan Masyarakat’ (MKPM) pada Prodi Magiter Penyuluhan Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Teddy yang hadir sebagai dosen tamu menyampaikan ceramahanya secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

“Kostra tani merupakan pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional,” jelas Teddy yang juga merupakan alumni Faperta Unsoed ini.

Menurutnya, di era ‘internet of thing’ ini, peran IT menjadi tak terelakkan. “Melalui Kostra tani ini, kita bentuk semacam brigade yang melibatkan banyak unsur. Selain penyuluh dan operator IT, juga ada peran poktan atau gapoktan, analisis pasar, tim medis veteriner, dan lain sebagainya,” jelas dia.

Salah satu aplikasi teknologi yang sudah mulai banyak diterapkan adalah pemakaian drone untuk pemetaan lahan.”Semua data harus akurat, terdokumentasi, dan cepat didistribusi, sehingga analisis yang tepat bisa dilakukan,” tandasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kooordinator Prodi Magister Penyuluhan Pertanian Moch Sugiharto mengapresiasi kehadiran dan keterlibatan Teddy dalam perkuliahan. “Ini semacam kick off matakuliah. Bagus untuk ditradisikan, sehingga atmosfer akademik ini lebi kuat rasanya,” paparnya.Dalam acara kuliah virtual ini, tentu saja, dihadiri para pengampu, yaitu Dr. Edi Santoso, Dr Adhi Iman Sulainman, dan Dr Nurul Hidayat—yang juga menjadi host acara ini. Acara yang dibuka untuk umum ini juga diikuti berbagai kalangan, terutama para penyuluh dari berbagai penjuru tanah air. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed