by

Wastafel pintar, supaya Covid-19 menghindar

Ngapakuy.com – Pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan disinyalir merupakan langkah untuk mencegah masuknya virus ke tubuh manusia. Saat ini, wastafel yang dilengkapi dengan sabun telah banyak ditempatkan di area-area publik, untuk memudahkan masyarakat dalam mencuci tangan. Air yang ditampung dalam tandon biasanya akan diisi secara manual oleh petugas, dikarenakan lokasinya biasanya jauh dari sumber air. Akan tetapi, pihak pengelola wastafel seringkali kesulitan dalam memonitor tandon mana yang airnya perlu diisi kembali.

Permasalahan ini telah dijawab oleh tim satgas COVID-19 Institut Teknologi Telkom Purwokerto menambahkan aplikasi cerdas berbasis IOT yang dapat memonitor jumlah air di dalam tandon wastafel. Komponen pada pengembangan alat ini menggunakan sensor Level dan Flow untuk mengukur ketinggian air dan kecepatan arus. Otomatisasi monitoring menggunakan Mikrokontroler dan GSM/GPRS Module yang dipasang kartu SIM untuk pengiriman pesan otomatis. Supply daya menggunakan batu baterai 12V dan Power Steep Down Converter.

Konsep monitoring otomatis terhadap volume air dalam tandon wastafel akan mempermudah pengecekan oleh petugas. Pengecekan dapat dilakukan secara online melalui website water.ittelkom-pwt.ac.id. Wastafel pintar ini telah ditempatkan di area pasar Wage sebagai pilot project.

Wastafel pintar ini merupakan karya kolaborasi antar dosen program studi S1 Teknik Industri, S1 Teknik Telekomunikasi, dan S1 Desain Komunikasi Visual. Selain peran dosen, mahasiswa juga terlibat dalam pembuatan teknologi ini. Pembuatan alat ini selesai selama 3 hari, mulai dari proses desain, pembuatan rangka, sampai dengan pemasangan sensornya.

Harapannya, alat ini dapat bermanfaat sebagai sarana edukasi, supaya masyarakat lebih memperhatikan pola hidup bersih dan sehat, dengan sering mencuci tangan. Dan tentunya juga bermanfaat bagi pengelola yang bertugas untuk mengisi air tandon pada wastafel tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed