by

Training Penyusunan Hibah Spada dan Pembuatan Konten Daring

NgapakUY.com – Dunia pendidikan khususnya di Indonesia dewasa ini sedang menghadapi tantangan dari era revolusi industri 4.0. Bagaimana tidak, pemanfaatan teknologi informasi sudah tidak hanya merambah ke sektor sosial maupun ekonomi, namun perlu juga di adaptasi oleh sektor pendidikan.

Beberapa perguruan tinggi salah satunya Universitas Jenderal Soedirman sudah mengadopsi peran teknologi informasi ke dalam sistem pembelajaran atau dapat disebut dengan kuliah daring/e-learning. Kuliah daring merupakan sistem pembelajaran yang tak dibatasi oleh ruang dan waktu, atau kata lain dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja oleh pelaku pendidikan. Tak hanya itu, pembelajaran online juga memungkinkan pengadopsian ‘student centered learning’ yang menekankan aspek-aspek kemandirian dalam belajar dan interaksi antara dosen dan mahasiswa.

Meskipun manfaat dari kuliah daring sudah dapat dirasakan, namun para dosen sering dihadapkan dengan masalah teknis dalam menyusun bahan ajar pembelajaran daring. Masalah teknis tersebut seperti ketidaktahuan dosen dalam mengoperasikan e-learning maupun ketidakmampuan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara otodidak. Dari hal tersebut, LP3M UNSOED memberikan solusi dengan menyelenggarakan workshop pada Kamis (26/11/2019) yang bertujuan untuk membekali dosen-dosen UNSOED dengan kemampuan dalam menyusun Proposal Hibah SPADA Kemristekdikti dan mengembangkan bahan ajar daring.

Workshop ini terbagi menjadi dua session, yakni Workshop penyusunan Proposal Hibah SPADA  bagi dosen UNSOED untuk mempersiapkan Proposal Hibah Spada talun 2020, Haiti membuat standar minimal bahan ajar daring dan Workshop pengembangan bahan ajar daring bagi dosen UNSOED yang sudah pernah membuat konten bahan ajar daring pada tingkat dasar. Kedua workshop tersebut diselenggarakan di Ruang Sidang, gedung Utama LP3M UNSOED pada pukul 09:00 WIB – 15.00 WIB.

Kedua Workshop tersebut kata Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom., selaku narasumber menyampaikan materi Optimasi, Implementasi Konsep Pembelajaran Model Daring Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 memberikan dilanjutkan membagikan materi-materi tingkat advanced salah satunya penggunaan activity completion, grading score, dan pemanfaatan video pada pembelajaran daring. Selain itu peserta juga diajak untuk lebih mendalami lagi fungsi-fungsi yang terdapat dalam kuliah daring UNSOED, menurut beliau masalah teknis dasar masih dapat dibantu oleh asisten atau instruktur dosen.

Pada sediam 2 workshop dilanjutkan dengan penyusunan proposal Hibah Spada degna mengaju pada Panduan Proposal Hibah Spada 2019.

Workshop yang mengundang perwakilan 12 Fakultas di UNSOED ini berakhir dengan pembagian sertifikat kepada para peserta yang hadir sebagai salah satu bentuk penghargaan atas partisipasinya dalam agenda workshop ini. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed