by

Meriah! Festival Durian Banyumas

NgapakUY – Ratusan penggemar durian dimanjakan dalam Festival Durian di Alun-alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Festival Durian ini digelar sebagai upaya mengangkat dan mengenalkan pontensi lokal buah durian sehingga nantinya bisa menjadi rujukan bagi wisatawan pecinta durian.

“Kegiatan Festival Durian itu terbilang sukses yang setiap tahun diadakan. Harapannya ke depan terus digelar untuk mengangkat potensi durian local agar dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Petani Durian pada khususnya dan Kabupaten Banyumas pada umumnya. Festival Durian diselengggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas menggelar Festival Durian Lokal Sabtu (30/11/20190 di Alun-alun Purwokerto. 

Selain festival duraian juga ada pameran pertanian. Kegiatan tersebut untuk menggali potensi dan mepromosikan produk buah durian lokal dan hasil pertanian di Kabupaten Banyumas. Pengunjung festival akan disuguhkan dengan berbagai macam durian unggulan dari berbagai daerah di Banyumas

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Widarso mengatakan pihaknya terus memberi ruang untuk mempromosikan produk unggulan durian lokal dan hasil pertanian. Hal tersebut untuk mengangkat produk durian lokal dan meningkatkan kulaitasnya. Selain itu juga sebagai ajang promosi produk durian lokal dimasing-masing kecamatan untuk membuka peluang pasar serta memperluas jejaring usaha.

“Ajang ini juga bisa digunakan untuk membuka wawasan dan ajang pembelajaran bagi pihak-pihak yang berkompeten dan menekuni atau berkecimpung di bidang agribisnis durian dan pertanian,” kata Widarso

Widarso menambahkan forum ini biasanya juga sara bertemu antara pelaku usaha, pihak petani produsen dengan stake holder lainya.

Kepala Bidang Bina Usaha dan Penyuluhan Pertanian Cut Viviani mengatakan mulai Jumat  sore (29/11/2019) peserta pameran sudah diberi kesempatan untuk menata lapaknya. Namun pembukaan secara resmi akan dilaksanakan Sabtu pagi sempai sore hari. Pada kegiatan festival ada bursa penjualan durian dan hasil pertanian, pembagian bantuan hand sprayer serta pembagian hadiah lomba kepada petani dan PPL berprestasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed