by

Lurah Visioner dari Dermaji, Banyumas.

Ngapakuy.com- Diawali dari pertemuan yang tidak disengaja antara Dosen Teknik Informatika Unsoed, Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom (kiri) dan Lurah atau Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, S.Sos.M.Si (kanan) di sebuah kantin kereta, menghasilkan diskusi panjang mengenai Revolusi Industri 4.0 yang kini sedang digencarkan oleh banyak pihak di Indonesia, yang umumnya dibahas dalam lingkup nasional dan masif.

Berbeda dengan pembahasan kali ini, Lurah dari Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho berhasil mengimplementasikan revolusi industri 4.0 ke dalam lingkup yang lebih spesifik, yakni Desa. Penerapan revolusi industri 4.0 dalam lingkup desa diyakini membawa perubahan dan pembangunan yang lebih cepat dan efisien dalam kebermanfaatannya terhadap masyarakat desa.

Diantaranya adalah pembuatan website resmi desa yang dapat di akses di https://www.dermaji.desa.id/, dimana dalam website tersebut disajikan secara transparan dan efisien mengenai informasi profil Desa Dermaji, rencana pembangunan, informasi layanan hingga informasi pariwisata desa yang dapat di akses dengan mudah oleh masyarakat luas.

lanjut, penerapan sistem informasi desa pun diterapkan di desa ini, seperti sistem informasi usaha desa, serta kedepannya akan dibangun sistem informasi kambing. Dilatarbelakangi oleh mayoritas warga desa Dermaji yang memiliki kambing di rumahnya, kebutuhan tersebut mendorong lahirnya sistem informasi mengenai pengelolaan kambing yang efektif dan terukur, mengenai informasi kapan kambing tersebut dapat secara optimal dijual, informasi penyakit kambing, dsb. Sehingga dengan teknologi tersebut, warga desa dapat menikmati manfaat pelayanan desa melalui teknologi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed