by

Selamat Hari Ayah Nasional

Pada setiap tanggal 12 November di Indonesia selalu diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Mungkin bagi sebagian orang, peringatan hari ayah ini merupakan salah satu hal yang baru terdengar. Hal ini dikarenakan peringatan hari ayah ini baru dimulai pada tahun 2016 yang notabene tiga tahun yang lalu.

Peringatan hari ayah diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Deklarasi ini dilatarbelakangi oleh permintaan peserta lomba pada Lomba Menulis Surat untuk Ibu yang diselenggarakan oleh PPIP pada tahun 2014. Para peserta menyadari bahwa peran ayah merupakan hal penting di dalam keluarga disamping peran Ibu yang telah sebelumnya diperingati dalam peringatan hari ibu setiap tanggal 22 Desember. Kemudian, PPIP mengadakan audiensi dengan DPRD Surakarta dengan tujuan menanyakan tentang hari ayah. Setelah melalui berbagai hal, Akhirnya PPIP melakukan Deklarasi Peringatan Hari Ayah Nasional pada tanggal 12 November 2016. Deklarasi tersebut juga digabungkan dengan Hari Kesehatan dengan semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”. Dalam deklarasi tersebut juga diluncurkan buku “Kenangan Untuk Ayah” yang isinya adalah 100 surat anak nusantara yang terseleksi dalam Sayembaran Menulis Surat Untuk Ayah.

Setelah deklarasi, PPIP mengirimkan buku tersebut beserta Piagam Deklarasi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Bupati Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote yang merupakan kabupaten terluar Indonesia. Kemudian hingga saat ini diperingati Hari Ayah Nasional.

Penegak Fajar

Menghampiri dikala embun merasuk tulang

Siluet pagi tercetak dalam gulita cahaya

Hanya ingin bangun untuk menyembah Sang Maha

Yah, masih malem… dingin… 5 menit lagi ya…

Fajar menyelimuti tubuh yang terlentang dalam kemalasan

Masih berkutatnya dalam hiasan fana yang melalaikan

Hingga akhirnya terpental oleh alas kaki dengan cepat… hingga menyadarkan akan kewajiban yang ada

Takkan pernah tau, momen yang begitu bosan menjadi rindu yang tidak terulangi lagi

Rahmad J E. N. S. S.

Kami, segenap Tim Ngapakuy.com mengucapkan Selamat Hari Ayah Nasional. Untuk Ayah yang selalu mendidik anaknya dengan baik sehingga dikemudian hari menjadi pemimpin negeri yang rendah hati.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed