by

Seminar Teropong Pasca Kampus “Strategi Milenials Menghadapi Pasca Kampus”

Ngapakuy.com – Hari Senin, 11 November (11/10) Seminar Teropong Pasca Kampus yang dilaksanakan oleh SALMAN MM Teknik ini bertempat di gedung Aula Fakultas Teknik. Seminar yang dibawakan oleh Akhmad Zamroni, alumnus Dong Hwa University, Taiwan.


Dalam seminarnya, beliau memaparkan tentang gambaran yang akan mahasiswa alami ketika mereka lulus, beliau bercerita bagaimana pengalamannya mengejar kuliah diluar negeri. “Kenapa sih kita harus kuliah diluar negeri ? Yang pertama universitas diluar negeri itu best quality, banyak pengalaman, beautiful campus (Kampusnya bagus), free journal access(Gratis mengakses berbagai jenis jurnal), dan yang paling utama ialah international relations.” Paparnya. Akhmad Zamroni pun berpesan kepada mahasiswa yang ingin kuliah diluar negeri harus mempersiapkannya dari sekarang, tak perlu takut, dan jangan berkecil hati. Beliau pun berbagi tips dan triknya ketika mengejar beasiswa ke luar negeri yaitu dari IPK yang memenuhi, keaktifan berorganisasi, kemampuan bahasa inggris, dan cari tahu mengenai info-info beasiswa.


Tak lupa juga dia bercerita sebagai seorang muslim yang hidup dinegeri non-muslim juga bagaimana dia memiliki hubungan yang baik dengan teman dan dosennya. Beliau berpesan kepada mahasiswa yang nantinya berhasil di luar negeri, “Non-Muslim don’t read The Qur’an, They don’t read Hadith, They read You. Non musim tidaklah membaca quran, mereka tidak membaca hadits, mereka membaca tingkah lakumu, jadi berdakwahlah diluar negeri dengan perbuatan yang baik”.


Pada bagian penutupnya Akhmad Zamroni mengutip ayat Alquran, yang artinya “Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong(agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa” QS Al-Hajj ayat 40.

(Diolah : Irfan Agus Tiawan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed