by

Kuliah Umum bersama Dr. Zaenal Akbar, M.Kom

Ngapakuy – Teknik Informatika Unsoed kembali mengadakan Kuliah Umum yang diadakan sekali setiap semester. Kuliah umum kali ini diadakan di aula gedung A fakultas teknik Unsoed pukul 08.30 WIB. (08/11)

Kegiatan ini diawali pembukaan oleh kepala jurusan teknik informatika Teguh Cahyono, ST., M.Kom. Beliau menyampaikan, dengan adanya kuliah umum ini semoga mahasiswa lebih terbuka lagi akan dunia informatika yang akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Setelah itu dilanjutkan pemaparan materi oleh Dr. Zaenal Akbar, M.Kom. Beliau merupakan staff Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, khususnya pada bidang Pusat Penelitian Informatika. Pada kesempatan kali ini, beliau  memaparkan materi berjudul “Knowledge-Based Software Engineering”.

Dalam pemaparan materi tersebut,  Pak Akbar menyampaikan tantangan terbesar dalam pengembangan perangkat lunak adalah Business Logic yang berubah dan berkembang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu solusi untuk masalah tersebut yaitu Rule-Base System.

Rule-Base System atau dikenal dengan teori RBS merupakan teknik sederhana, yang dimulai dengan dasar aturan yang berisi semua pengetahuan dari permasalahan yang dihadapi yang kemudian dikodekan ke dalam aturan if-then yang mengandung data, pernyataan dan informasi awal. Sistem akan memeriksa semua aturan kondisi if yang menentukan subset, set konflik yang ada. Jika ditemukan, maka sistem akan melakukan kondisi then. Perulangan ini akan terus berlanjut hingga salah satu atau dua kondisi bertemu, jika aturan tidak diketemukan maka sistem tersebut harus keluar dari perulangan (terminate).

(Nandha Arwiansyah / Jurnalis Ngapakuy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed