by

Perpustakaan Jalanan Purbalingga, Komunitas Peningkat Minat Baca

Perpustakaan Jalanan Purbalingga merupakan komunitas yang bergerak di bidang literasi, dengan agenda utama menyediakan lapak baca gratis yang dibuka setiap hari Sabtu di Alun-Alun Purbalingga, mulai pukul 16.00 – bubar (kecuali hujan) begitu yang tertulis dalam bio instagram @perpusjalananpbg.

Komunitas ini muncul sebagai salah satu solusi untuk mengatasi rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, yang menyebabkan budaya literasi kita tertinggal dengan negara-negara lain. Dan tujuan akhirnya adalah bahwa melalui bacaan, pembaca dapat sadar akan realita yang terjadi di sekitar mereka yang kemudian dapat melakukan suatu aksi nyata.

Koleksi buku di sini antara lain mulai dari buku pelajaran, dan novel umum. Buku untuk kalangan anak-anak sampai dewasa.

Adanya perpustakaan jalanan juga dapat menjadi wadah interaksi sosial bagi warga sekitar. Sehingga selain membaca, kita dapat mendiskusikan isi buku yang dibaca dengan sesama pembaca perpustakaan jalanan ini. Tidak seperti di perpustakaan umum yang cenderung tidak boleh membuat gaduh.

Keberadaan komunitas semacam ini tentulah sangat membantu. Terlebih untuk memotivasi kita agar tetap gemar membaca tanpa mempedulikan kondisi ekonomi. Dan semoga kedepannya Perpustakaan Jalanan Purbalingga ini bisa mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, maupun pegiat literasi lainnya.

(Ardi Eka – H1D018013)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed