by

Pasar Unik di tengah Hutan Banjarnegara

Ngapakuy –

Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli barang yang dibutuhkan. Seperti yang kita tahu bahwa pasar normalnya menjual beragam kebutuhan manusia , namum berbeda dengan pasar Lodra jaya di banjarnegara.

Pasar ini memadukan konsep digital dan tradisional yang mengajak pengunjung untuk kembali ke suasana zaman kerajaan. Selain menjajakan makanan tradisional dengan peralatan tradisional pula, di kawasan pasar juga terdapat beberapa dolanan bocah seperti egrang dan mainan lainnya.

Begitu memasuki pintu gerbang pasar Lodra Jaya, pengunjung akan disuguhi gubug-gubug yang di dalamnya terdapat penjual makanan dan minuman khas tempo dulu. Tak ada pengenaan tarif untuk mengunjungi Pasar Lodra Jaya.

Uniknya, untuk berbelanja di pasar ini mata uang Rupiah tidak berlaku. Pengunjung harus menukarkannya dengan uang kethip yang terbuat dari bambu berbentuk koin. Satu koin tersebut bernilai Rp 2.500 dan pedagang hanya menerima uang kethip.

“Beli di sini harus menggunakan uang kethip, kalau belum punya bisa ditukar di depan,” kata seorang pedagang badeg, Mutiah, pada seorang seorang pembeli, kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Dwi Suryanto mengatakan, Pasar Lodra Jaya merupakan destinasi baru yang di prakarsai oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

“Pasar Lodra Jaya adalah destinasi digital pertama di Kabupaten Banjarnegara,” ujarnya.

Beragam permainan tradisional, dihadirkan di Pasar Lodra Jaya mulai dari egrang, congklak, kelereng, hingga lompat tali. Suasana semakin spesial dengan hadirnya area edukasi melukis dengan media keramik. (Sumber : satelitpost.com)

(Idzan Aufar/H1D018012)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed