by

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Kabupaten Banyumas tidak hanya terkenal obyek wisata alamnya saja di daerah Baturaden tetapi juga memiliki obyek wisata bersejarah (Museum). Museum yang terdapat di Banyumas yaitu Museum BRI, Museum Jenderal Sudirman, dll.

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman merupakan obyek wisata bersejarah yang terdapat di purwokerto. Museum tersebut untuk mengenang/menghargai perjuangan beliau. Museum tersebut terletak di Jl. Patimura, Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah atau lebih jelasnya terletak di sebelah timur jembatan Sungai Logawa.

Museum tersebut sangat rindang karena banyak pohon pada area museum dan terdapat 2 Tank Tempur AMX-15. Adanya alat perang ini akan membantu penikmat wisata sejarah dan edukasi untuk membayangkan perjuangan militer Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan

Museum tersebut memiliki 2 lantai. Pada lantai pertama terdapat diorama tentang perjalanan hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman dari kecil sampai meninggal. Di lantai 2 terdapat patung Jenderal Soedirman duduk diatas kuda, patung ini terbuat dari bahan perunggu seberat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter. Dibawah patung terdapat relief perjuangan beliau dalam merebut Yogyakarta dari kekuasaan penjajah Belanda dan relief sejarah bangsa Indonesia dalam perang kemerdekaan 1945.

Fasilitas yang terdapat di Museum Jenderal Soedirman :

  • Mushola
  • Taman Bermain anak anak
  • Toilet
  • Kios kecil
  • Gazebo
Lantai 1 Museum Jenderal Soedirman
Lantai 2 Museum Jenderal Soedirman

– Taufik Handika (H1D018029)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed