by

Pendakian Gunung Slamet via Bambangan : Yakin Gamau Kesini?

Gunung Slamet sendiri sebenarya terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet juga adalah gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Gunung ini sangat recommended bagi para kamu para hikers yang ingin memacu adrenalin, karena medan area yang ditempuh untuk memanjat Gunung Slamet sangatlah ekstrem dan sedikit curam, tapi bagi kamu yang masih pemula atau belum pernah mendaki gunung maka tidak dianjurkan untuk memanjat gunung ini.

Medan Pendakian Gunung Slamet

Untuk HTM dari pendakian Gunung Slamet via Bambangan ini pemerintah Kabupaten Purbalingga melepas pengelolaan basecamp pendakian itu kepada Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur.

Manajer Bisnis Perum Perhutani KPH Banyumas Timur, Sugito mengatakan, harga tiket pendakian kemungkinan akan naik menjadi Rp 25.000.

Tiket ini sudah termasuk asuransi pendaki serta alokasi untuk kas Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Argo Waluyo Desa Kutabawa dan KPH Banyumas Timur sebagai pengelola, Tim SAR serta kebersihan dan keamanan lingkungan.

Jalur yang admin pilih yakni jalur Bambangan,Purbalingga, Jawa tengah karena umum dilalui pendaki. Namun banyak para pendaki mengatakan jika Jalur pendakian lainnya yang bagus adalah adalah melalui jalur objek wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal karena pemandanganya yang berbeda. Dibawah merupakan peta jalur pendakian via Bambangan.

Peta Pendakian via Bambangan

Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan Purbalingga memiliki 9 pos pendakian dan 1 pos bayangan dan Pos tersebut adalah :

– Basecamp Blambangan

– Pos Gardu Pandang : 30 menit

– Pos Bayangan : 30 menit

– Pos 1 : 30 menit

– Pos 2 : 90 menit

– Pos 3 : 80 mnit

– Pos 4 : 40 Menit

– Pos 5 : 35 menit

– Pos 6 : 20 menit

– Pos 7 : 20 menit

– Pos 8 : 10 menit

– Pos 9 : 20 menit

 Puncak Slamet

Jadi, total estimasi pendakian Gunung Slamet via Bambangan ini menghabiskan waktu sekitar 6-7 jam pendakian. Maka dari itu siapkan mental anda sebelum memanjat gunung ini.

Pendakian Gunung Slamet via Bambangan
Pendakian Gunung Slamet Menuju Puncak

Beginilah view pemandangan Gunung Slamet dari atas puncak yang terlihat sangat indah dan terbayar sudah semua perjuangan para hikers dalam menaklukan gunung ini dengan pemandangan indah ini.

Pemandangan dari Puncak Gunung Slamet

Agung Satria Nugraha – H1D018045

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed