by

Berkenalan dengan Kopi Lokal Asal Banjarnegara

Banjarnegara – Nama kopi yang berasal dari Banjarnegara mungkin masih asing jika dibanding kopi-kopi dari daerah lain. Misalnya, Gayo, Toraja, Flores, Lampung dan lainnya.

Tetapi sejak kopi arabika dari dataran tinggi Kalibening, Banjarnegara, memenangkan Festival Kopi Nusantara 2017 di Bondowoso, kopi arabika Kalibening menjadi terkenal dan menjadi buruan para penikmat kopi dari seluruh Indonesia karena penasaran dengan kopi Arabika Kalibening yang memenangi lomba. Kopi asal Banjarnegara ini menjadi kopi arabika terbaik setelah menyisihkan sembilan kopi arabika terbaik dari berbagai penjuru tanah air.

Sehingga yang awalnya petani di dataran tinggi Banjarnegara menanam buah carica dan buah salak, sekarang petani sudah merambah untuk menanam kopi. Selain permintaan kopi asal Banjarnegara terus meningkat, tanaman kopi yang mempunyai kayu keras dan akar tunggangnya juga relatif mengurangi potensi bencana longsor yang sering terjadi di dataran tinggi Banjarnegara.

Kini, Pemkab Banjarnegara tengah terus berusaha memperluas pasar kopi produksi petani Banjarnegara. Karena kopi merupakan satu komoditas yang berkembang cukup pesat di Jawa Tengah. Terdapat 10 sentra penghasil kopi di Jawa tengah dengan jenis kopi unggulan Arabica serta Robusta. Komoditas kopi di Banjarnegara diharapkan bisa mengambil pasar kopi nasional yang saat ini terbuka lebar.

Java Coffee Festival
Java Coffee Festival di acara DCF X

Salah satunya dengan menyelenggarakan acara Festival Kopi yang diadakan dua hari pada tanggal 26 – 27 Oktober 2019 di Balai Budaya Banjarnegara dan Java Coffee Festival yang diadakan bersamaan dengan Dieng Culture Festival X pada awal Agustus lalu yang membuka 20 stand kopi. Dengan tujuan dapat mendukung, memajukan, dan mengenalkan kopi khas Banjarnegara sebagai produsen kopi dengan kualitas yang bagus.

Stand kopi di acara Festival Kopi Banjarnegara 2019

Kualitas kopi di Banjarnegara sudah diakui. Kopi Arabika Kalibening misalnya, karena memiliki karakter unik. Fragrance, flavor, body, acidity, hingga aftertaste kopi ini kerap dipuji.

Bukan hanya kopi arabika Kalibening saja yang berasal dari Banjarnegara, tetapi terdapat juga kopi Ratamba, kopi robusta Gondo Arum, kopi Babadan, kopi Leksana, kopi Karangkobar dan kopi Senggani.

Kopi Kasmaran

Dari semua kopi yang berasal dari Banjarnegara tersebut, masing-masing sudah memiliki produknya sendiri. Sebagai contohnya yaitu kopi Kasmaran yang berasal dari Kalibening.

Diolah oleh : Dhenok Prastyaningtyas P. (H1D017053)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed