by

Moseum Bank Rakyat Indonesia, Purwokerto

Purwokerto merupakan kota tempat berdirinya cikal-bakal Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia), yang merupakan Bank terbesar milik Pemerintah. Gedung lama dan pertama Bank BRI tersebut kini menjadi satu-satunya Museum BRI.

Sejarah Bank Rakyat Indonesia Di Purwokerto

Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden yang artinya Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Dan sekarang, 16 Desember 1895 dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.

Hulp en Spaar Bank Purwokerto – 1895

Pernah berhenti beroperasi pada masa perang tahun 1948 dan kembali beroperasi pada tahun 1949 dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada 1968 namanya menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menjadi perseroan terbatas (PT) pada 1 Agustus 1992 yang kemudian menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Koleksi Museum

Di Museum BRI Purwokerto, banyak sekali koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional Bank BRI sepert mesin pembukuan dari berbagai merk, pesawat telepon, peti besi, lemari besi, mesin penghitung uang dan lainnya. Ada juga koleksi uang kertas dan koin lama dari berbagai negara. Ada juga koleksi pakaian dan aksesoris milik RA Wiryaatmadja, diorama dengan berbagai suasana bank, pasar dan lainnya di jaman dahulu.

Akomodasi Museum

  • Hari operasi : Minggu s.d Kamis
  • Jam buka : 08.00 sd. 15.00

Jika anda ingin berkunjung ramai-ramai bersama rombongan baik sekolah maupun lainnya sebaiknya hubungi melalui surat resmi agar pihak museum lebih siap. Surat bisa dikirimkan ke alamat Museum Bank BRI, Jl. Jend. Sudirman No. 57, Purwokerto

Lokasi lengkap Museum Purwokerto : Klik link ini

Aulia Rahmah – H1D017004

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed