by

Kontes Robotik Indonesia (KRI) Regional III Diadakan di UNSOED

Ngapakuy – Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) menjadi tuan rumah Kontes Robotik Indonesia Regional III Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI pada Sabtu (27/4/2019).

ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika

Penyelenggaraan KRI dibagi ke dalam empat wilayah tingkat regional. KRI Regional III diikuti oleh dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Jawa bagian tengah dan wilayah Kalimatan bagian timur dan selatan.

“KRI Regional III diikuti 33 perguruan tinggi dari area Jawa bagian tengah, Kalimantan bagian timur dan selatan. Pagelaran nasional ini baru pertama kali terselenggara di eks Karesidenan Banyumas,” kata Alief Einstein, Koordinator Sistem Informasi Unsoed melalui siaran pers, Jumat (26/4/2019).

81 tim terbaik dari 33 universitas berkompetisi satu sama lain di Auditorium Graha Widyatama. Mereka datang dari berbagai kota di wilayah Jawa bagian tengah serta Kalimantan bagian timur dan selatan.

Panitia Seksi Acara KRI Regional III Eko Murdyantoro Atmojo mengatakan, kontes dibagi dalam lima kategori. Pertama Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) yang dibagi dalam dua kategori, yaitu robot berpenggerak roda dan robot berbentuk kaki. Kemudian Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Tim terbaik pada kontes tingkat regional, kata Eko, akan diundang untuk ikut serta dalam kontes tingkat nasional. Juara pertama KRAI tingkat nasional akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2019 di Mongolia. Sedangkan juara pertama KRPAI tingkat nasional akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2020 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Adapun juara pertama KRSBI Humanoid tingkat nasional akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2020.

“Sungguh sebuah kehormatan tersendiri bagi kami menjadi tuan rumah dan bagian dari membangun budaya teknologi yang maslahat dan manfaat. Kami bangga dapat ikut berkontribusi dalam mengembangkan dan memajukan teknologi terutama robotika di Indonesia,” ujar Rektor Unsoed, Prof. Dr. Suwarto kepada Tribunjateng.com, Sabtu (27/4/2019).

(Sumber: http://tribunnews.com & http://kompas.com) – Muhammad Bahrul Ashfiya / H1D018047

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed