by

Pesona Golden Sunrise Si Kunir, Wonosobo Jawa Tengah

Bukit Sikunir Dieng atau lebih tepatnya Puncak Sikunir merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Dataran Tinggi Dieng. Terletak di desa tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Desa Sembungan, Wonosobo dengan ketinggian 2.306 MDPL.  Daya tarik yang menjadi ciri khas Sikunir ialah keindahan golden sunrise-nya yang selalu menjadi daya tarik wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah saat musim kemarau, karena indahnya golden sunrise tidak akan terhalang oleh kabut tebal. Selain itu, gumpalan awan juga bisa terlihat bila tidak ada kabut. Pemandangan ini tentunya akan semakin memanjakan mata dengan melihat sunrise sekaligus hamparan awan yang menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia pun sudah sangat memadai, mulai dari tempat parkir yang luas, toilet, mushola dan warung makan yang sudah lengkap dan terja,in keamanannya. Disana juga terdapat tukang ojek yang siap mengantarkan pengunjung dari parkiran menuju k epos pendakian, dengan tariff yang cukup murah yakni cuma  Rp 5000 rupiah. Selain itu, kita tidak akan dikenakan tarif untuk mendaki kepuncak sikunir. Jadi tidak usah pusing-pusing bila tidak ada uang.

Selain puncak sikunir, rupanya desa sembungan mepunyai telaga yang begitu indah yaitu telaga cebong. Telaga yang masih sangat bersih , jauh dari polusi dan tentunya ikan besar-besar hehehe. para pendaki biaasannya akan menggunakan pinggir telaga cebong untuk mendirikan tenda sebelum mendaki puncak sikunir.

ANGGUN AYU LESTARI / H1D018041

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed