by

GOA PETRUK-Kebumen

Obyek Wisata Dengan Sejuta Pesona – Ngomongin soal Kebumen? Pasti udah pada tahu kalau Kebumen memiliki banyak tempat wisata yang perlu di jajali saat berkunjung ke sana. Karena sayang aja kalau ke sana tapi nggak mampir ke tempat wisatanya yang indah-indah. Nah, ada satu tempat wisata yang cukup menarik untuk di telusuri nih, Guys!. Yap, Goa Petruk salah satu obyek wisata di Kabupaten Kebumen, selain Bukit Langit dan Pantai Suwuk. Goa Petruk, berada di dukuh Madayana Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah atau sekitar 4,5 Km dari Jatijajar menuju arah setalan.  Jika mendengar nama Petruk, pasti semua orang akan kembali teringat nama Punokawan. Ki Semar yang berbadan tinggi, namun hidungnya sangat mancung. Konon, legenda di dalam cerita wayang, Petruk di gambarkan sebagai anak dari lelembut Banaspati yang akhirnya kemudian diambil anak oleh Ki Semar. Sama seperti halnya Abunawas, Petruk pun seorang anak yang memiliki banyak akal. Sayangnya, meskipun masyarakat sekarang telah banyak mendengar Goa Petruk, namun mereka masih terlalu enggan mengunjungi obyek wisata yang menarik ini. Padahal kalau mengunjungi Goa Petruk banyak hal yang bisa di intip dari mulut Goa yang menganga lebar ini.

Saat memasuki goa ini, jangan bayangkan kamu hanya akan menjumpai kegelapan. Pada beberapa bagian, Goa Petruk sudah dilengkapi dengan penerangan. Dari penerangan itu kamu bakal menyaksikan keunikan-keunikan yang terbentuk di dalamnya.

Bagian dalam Goa Petruk terbagi menjadi tiga. Bagian pertama, terdapat kelelawar yang bersarang di sana sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap. Pada bagian kedua, terdapat bebatuan yang indah. Cantiknya pemandangan di dalam goa ini sayang kalau nggak kamu abadikan.

AmirAzizAmarulloh(H1D018065)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed