by

Agrowisata Lembah Asri, tempat wisata Murah Meriah

Purbalingga merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata alam salah satunya adalah Agrowisata Lembah Asri. Bertempat di lereng timur Gunung Slamet, lebih tepatnya di Desa Serang Kabupaten Purbalingga, berjarak kurang lebih 21km dari alun-alun Purbalingga.

Hanya dengan  membayar Rp5.000 sekali masuk, kalian bakal kenyang menikmati suguhan panorama alam sekitar Lembah Asri, lengkap dengan latar gagahnya Gunung Slamet. Kalian juga bebas menggunakan fasilitas seperti tempat makan, area parkir, musala, serta toilet.

Namun untuk bisa menikmati wahana lain di tempat wisata yang buka sejak 2010 ini, kalian harus membayar biaya tambahan. Beberapa permainan yang bisa kalian coba antara lain Taman Labirin, ATV bikesky bikehigh rope, dan flying fox.

Taman Labirin

Mengusung konsep agrowisata, kalian bisa menjajal serunya memetik buah stroberi. Dulunya bibit stroberi dibawa langsung Sugito, Kepala Desa Serang, dari Ciwidey, Bandung. Sesuai dugaan beliau, buah tersebut ternyata bisa dibudidayakan di Serang karena iklimnya mirip dengan Bumi Parahyangan.

Kebun Stroberi

Selain mencoba memetik stroberi langsung dari kebunnya, kalian juga bisa menjajal memanen tanaman lain. Kalian bisa mengunjungi perkebunan kubis, sawi, kentang, wortel, cabai, daun bawang, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa membeli beragam bibit pohon bunga untuk ditanam di rumah.

Agrowisata di Lembah Asri ini juga menawarkan wisata Agro Kids yang khusus untuk rombongan anak. Paket ini biasanya cocok rombongan murid sekolah, maupun grup keluarga.

Wisata Lembah Asri memang dirancang sebagai wisata nyaman untuk piknik keluarga, termasuk anak-anak. Ketika buah hati sudah bosan bermain di area perkebunan, pengunjung bisa mengajak mereka menikmati sederet wahana permainan. Selain kereta mini, ada juga odong-odong, skuter, dan ayunan yang terletak pada bagian depan tempat wisata. Untuk odong-odong, kalian akan diajak berkeliling desa sekitar tempat wisata.

Di sisi barat taman agrowisata, kalian bisa menemukan sebuah danau buatan yang terdapat wahana perahu kayuh berbentuk binatang yang tentunya untuk menaiki wahana ini kalian harus mengeluarkan biaya tambahan. Pemandangan di sekitar sini cukup menarik, apalagi jika cuaca sedang cerah. Kalian bisa lebih leluasa melihat kemegahan Gunung Slamet, sekaligus berkeliling sambil naik perahu kayuh.

Wisata alam di daerah pegunungan tentu takkan terasa lengkap tanpa kawasan hutan pinus. Jangan khawatir, kalian bisa menemukannya di Lembah Asri Purbalingga. Meski kawasannya tidak terlalu luas, di hutan rindang ini kalian bisa santai sejenak. Menikmati semilir angin sembari menyantap bekal makanan. Oh ya, kalian juga bisa menyewa hammock di sini.

Deretan spot foto instagenic jadi daya tarik lain Desa Wisata Serang. Apalagi kalian tak perlu membayar untuk mengabadikan momen di sana. Cukup siapkan kesabaran untuk mengantre, terutama bila spot-spot foto tersebut sedang ramai pengunjung. Pilihan tempat berfoto di sini juga lumayan beragam. Mulai dari gardu pandang, lambang cinta, sayap burung, sayap kupu-kupu, taman bunga, lorong cinta, dan masih banyak lagi.

Seperti destinasi agrowisata kebanyakan, Lembah Asri juga menyediakan penyewaan kuda untuk pengunjung. Kalian bisa merasakan sensasi naik kuda dengan membayar biaya sewa sebesar Rp15.000 saja.

Tak hanya untuk mengitari komplek agrowisata, beberapa kuda juga kerap disewa untuk melengkapi konsep foto pre-wedding. Cukup rogoh kocek Rp150.000, kalian sudah bisa memfoto kuda sepuasnya. Wah, seru!

Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, ada sekitar 10 kamar di tepi jalan desa dan 40 kamar di dalam desa disewakan sebagai homestay. Bila kalian datang dalam rombongan, bisa juga menginap di villa.

Satu menu khas desa Serang yang wajib kalian cicipi adalah mendoan stroberi. Bila umumnya mendoan terbuat dari tempe dan digoreng dalam balutan tepung, di sini bahan utamanya justru menggunakan buah stroberi.

Mendoan Stroberi

Rasa asam buah stroberi berpadu nikmat dengan asin dari adonan tepung. Ciptakan kombinasi yang tak terduga, namun cukup memanjakan lidah. Akan semakin nikmat jika disantap bersama sambal kecap.

Selain mencicipi kuliner, kalian jangan sampai lupa membeli oleh-oleh khas Desa Serang. Selain kripik daun stroberi, ada juga puding stroberi, gethuk stroberi, sirup stroberi, dan winberry (sejenis minuman dari stroberi yang telah difermentasi). Disana juga ada pernak-pernik khas Serang, seperti gelang, kalung, hiasan dinding, dan lain-lain.

Menyuguhkan panorama memesona, berpadu dengan lengkapnya fasilitas yang ada, tak salah jika agrowisata Lembah Asri disebut sebagai destinasi potensial di Purbalingga. Bagaimana, kalian penasaran ingin liburan ke sini?

Farah Ayu – H1D018034

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed