by

FJU 2019 – Event Budaya Jepang terbesar se-Banyumas Cakep

Ngapakuy – Event tahunan Festival Jepang Unsoed (FJU) yang digelar di Taman Andhang Pangrenan Purwokerto pada hari Minggu tanggal 6 Oktober 2019 berlangsung meriah. Kegiatan yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Soedirman (HIJASU) Fakultas Ilmu Budaya Unsoed ini tidak hanya untuk mahasiswa Unsoed saja namun juga untuk masyarakat umum.

Festival Jepang Unsoed tahun ini mengusung tema “From Banyumas to Nihon Story” dengan subtema “Lost in the Sweetland” dan judul “Candy Carnival”. Sweetland yang artinya “daratan manis” mempunyai maksud bahwa FJU 2019 menciptakan suasana karnaval dalam lingkup festival jepang yang berbeda dan lebih berwarna. Dengan mengangkat suasana yang penuh keceriaan ini diharapkan dapat memberikan kenangan manis yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Juga tak lupa kebudayaan Banyumas yang tetap diikutsertakan.

Acara dimulai dengan tilawah, kemudian sambutan dari Ketua FJU 2019 Elang Fatah Paramanaredtha, ketua Hijasu Erlangga Vhikriansyah, serta Pembina Hijasu yaitu Yudi Suryadi, S.Pd, M.Pd. yang sekaligus resmi membuka rangkaian kegiatan FJU 2019. Acara dilanjutkan dengan Tari Ngerong, Kentongan, dan Tari Tradisional Jepang. Dalam kegiatan tersebut,  hadir pula Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Jurusan Sastra Asia Timur, Koordinator Program Studi S1 Sastra Jepang serta para dosen program studi.

Tak hanya hiburan saja, terdapat juga lomba-lomba yang diikuti berbagai kalangan, yaitu Karaoke Competition, Band Competition, Dance Cover Competition, Cosplay Competition, Costreet Competition, Original Character Competition, dan Lomba Makan. Dalam acara ini terdapat beraneka ragam stan makanan dan aksesoris yang berkaitan dengan Jepang, selain itu terdapat juga stan komunitas Itasha Motor dan Yu-Gi-Oh. Di samping itu terdapat stan game zone dan Yukata, ditambah dengan adanya wahana rumah hantu Obake Yashiki dengan tema “Lost Land” serta Maid Cafe yang menarik perhatian menambah semarak acara kali ini.

Tidak sampai disitu saja, semarak Festival Jepang Unsoed 2019 berlangsung meriah karena menggaet sederet guest star ternama, yaitu Rachel Florencia, DJ Yochi, dan Luna Gravity, dengan Special Performance dari SRT 48, Dark Choco, serta club budaya dari HIJASU yaitu Iroha Yosakoi dan Yuujou Taiko. Acara ditutup dengan Yosakoi Bon Odori dan Special Event Hanabi. -Taz [ H1D018010 ]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed