by

Festival Congot Bakal Digelar Lagi

Festival tepi sungai Klawing atau dikenal dengan Festival Congot bakal kembali digelar tahun ini. Dituturkan Kepala Desa Kedungbenda Purwono, festival yang telah memasuki tahun ketiga tersebut akan sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

“Bedanya, tahun kemarin ada kegiatan gerak jalan, sedangkan tahun ini ditiadakan. Diganti dengan konten menjala,” ujar Purwono pada Selasa (24/9).

Ia mengatakan, pada tahun ini Festival Congot akan mulai berlangsung pada Kamis (26/9) hingga Sabtu (28/9) di kawasan Susur Sungai Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon. Atraksi budaya dan seni menjadi suguhan utama dalam festival tahunan tersebut.

Pada hari pertama, pawai obor, dan ndendonga maring leluhur (kidungan) akan menjadi kegiatan pembuka festival tersebut. Dilanjutkan dengan kegiatan bernuansa kesenian berupa pentas ebeg, sarasehan budaya, dan senandung Klawing di hari kedua.

Adapun pada hari ketiga atau terakhir, kegiatan akan diisi dengan parade budaya sedekah bumi dan larungan, pameran produk UMKM, Festival Njala, dan dipungkasi dengan pagelaran wayang kulit pada malam harinya.

Selain sebagai magnet bagi wisatawan, Festival Congot ini diproyeksikan menjadi ajang pengenalan berbagai budaya kearifan lokal warga setempat yang beragama bagi masyarakat umum.

(sumber: radarbanyumas.co.id)

(Aditya Bintoro/H1D017048)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed