by

Peranan Teknologi Bagi Penyandang Disabilitas

Teknologi merupakan ilmu yang berhubungan dengan karya cipta dari sebuah inovasi untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan berbagai macam masalah atau suatu pekerjaan yang ada. Tak terkecuali bagi para penyandang disabilitas yang merasakan manfaat dari adanya kecanggihan teknologi di era globalisasi sekarang ini. Para penyandang disabilitas memiliki keterbatasan yang berbeda dengan manusia normal pada umumnya, mereka kerap kali mengalami hambatan dengan keterbatasan yang dimilikinya dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan adanya kecanggihan teknologi semuanya menjadi lebih mudah

Kalimat di atas sangat benar adanya, keterbatasan yang dimiliki para penyandang kaum disabilitas membuat banyak penemu dan perancang implementasi suatu inovasi menjadi alat atau mesin yang canggih untuk membantu para penyandang disabilitas tersebut. Penyandang Disabilitas, adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama, yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. Maka dari itu banyak penemu dan pencipta suatu alat atau mesin yang berlomba-lomba untuk dapat menciptakan inovasi yang baru dan tentunya untuk membantu mempermudah para penyandang disabilitas tersebut dalam aktivitas sehari-hari layaknya manusia normal pada umumnya, sungguh berhati mulia sekali.

Berikut beberapa inovasi yang dibuat para penemu untuk memudahkan para penyandang disabilitas, diantarannya:

  1. Deka Robotic Arm
DEKA Robotic Arm merupakan lengan prostetik yang bisa dikendalikan dengan pikiran. Alat ini diciptakan oleh Segwai Dean Kamen, selain dengan pikiran, alat yang disebut DEKA Arm ini mampu melalukan fungsi yang komplek, mirip dengan tangan manusia.

2. Braille Smartphone

Canggih, 10 Penemuan yang Diciptakan Untuk Penyandang Disabilitas
Prototipe teknologi ini dibuat oleh seorang pria asal India bernama Sumir Dagar, serta kemudian berkolaborasi dengan Indian Institute of Technology Delhi dan LV Prasad Eye Institute Hyderabad untuk mengembangkan teknologi tersebut. Dengan alat ini seorang penyandang tunanetra dapat menyentuh atau mengenali wajah seseorang melalui video chat, sekaligus dapat mengenali ekspresi wajah lawan bicaranya. 

3. Ripple: Speaker untuk Para Tuna Rungu

Ripple merupakan alat bantu untuk tuna rungu. Bentuknya speaker unik yang mampu menghasilkan suara seperti umumnya speaker lain, tapi juga mampu memvisualisasikan suara-suara yang dihasilkannya menjadi sebuah representasi visual taktil.

REFERENSI:

Video di atas diambil dari channel milik Budi Riyanto

Delvi Fitri Assary_H1D020010

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed