by

Pembelajaran Daring Kala Pandemi

Ngapakuy – Sejak dimulainya pandemi berbulan-bulan yang lalu dan PSBB diberlakukan, berbagai dampak mempengaruhi setiap bidang kehidupan. Dalam bidang pendidikan, pembelajaran di sekolah dihentikan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Proses pembelajaran ini dilakukan secara daring ataupun luring.

Pembelajaran luring dilakukan dengan kelompok-kelompok kecil di rumah salah satu peserta didik dan guru datang mendampingi. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi Covid-19.

Proses pembelajaran daring terdiri atas :

1. Tatap Muka Virtual

Tatap muka virtual dapat dilakukan melalui video conferenceteleconference, dan/atau diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan.

Contoh aplikasi yang digunakan yaitu google meet, zoom meeting, whatsapp, line, dan sebagainya.

source: https://images.app.goo.gl/vF49w5NqnM2TxJzq7

Di dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.

2. Learning Management System (LMS)

LMS merupakan sistem pengelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi. Aktivitas pembelajaran dalam LMS, antara lain pendaftaran dan pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, pemantauan capaian hasil belajar, terlibat dalam forum diskusi, konsultasi dan ujian/penilaian.

source: https://images.app.goo.gl/fjH8cYvGbJouUfTy5

Contoh LMS, antara lain kelas maya rumah belajar, google classroom, ruang guru, zenius, edmodo, moodle, siajar LMS seamolec, dan lain sebagainya.

PJJ bisa dilakukan dengan salah satu cara di atas, atau bisa juga kombinasi keduanya. Pembelajaran daring seperti ini dilakukan tentu dengan adanya kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi. Dengan adanya kemajuan dan perkembangan tersebut sangat membantu baik guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran.

Diharapkan aplikasi penunjang di atas dapat terus ditingkatkan dan menjadi sarana berkelanjutan dalam bidang pendidikan. Pengenalan dan pemahaman tentang teknologi ini juga perlu diberikan pada peserta didik dan guru sehingga menghasilkan proses belajar yang maksimal dan efektif.

Ani Hanifah (H1D020070)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed