by

Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bidang Agrobisnis

pentingnya TI dalam agrobisnis (sumber: 8villagers)

Ngapakuy – Manfaat teknologi informasi cukup bisa dirasakan oleh seluruh kalangan saat ini, penerapan tersebut dapat dipakai dalam berbagai bidang baik yang bersifat sosial maupun individual. Kemajuan dan inovasi teknologi yang sedang gencarnya saat ini tentunya memberikan banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia.

Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk membantu perorangan atau suatu kelompok dalam membuat, menyimpan dan mengubah sebuah data hingga tersampaikan dalam bentuk informasi yang valid. Hal ini sekarang dapat kita rasakan di berbagai bidang, salah satunya dibidang agrobisnis. Agrobisnis tanpa adanya pemanfaatan teknologi informasi tidak akan bisa berkembang pesat. Banyak pelaku agrobisnis yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Dahulu sebelum banyak orang mengetahui seberapa besar pengaruh teknologi informasi bila diterapkan dalam bidang agrobisnis yang dapat membuahkan hasil yang maksimal, para pelaku kegiatan sering sekali dalam mengeluhkan hasil penjualan komoditas pertaniannya yang kurang laku, pasalnya pembeli hanya untuk wilayah sekitar saja, karena penyebaran informasi yang masih terasa kurang, hal itu menimbulkan segmentasi pasar yang terasa kurang luas.

pendistribusian agrobisnis (sumber: berdesa.com)

Dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang agrobisnis pastinya akan memberikan dampak positif yang sangat besar bagi para penekun kegiatan agrobisnis baik didesa maupun kota. Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang agrobisnis:

  1. Munculnya peluang pasar baru, dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa pelaku agrobisnis untuk mencipatakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi adalah google. Dalam search engine google banyak digunakan oleh para pelaku agrobisnis dalam mencari peluang bisnis pertanian yang akan mereka fokuskan kedepannya yang pastinya akan menguntungkan sekali bagi para pelaku kegiatan tersebut.
  2. Mempermudah proses komunikasi kerja, jarak mungkin dahulu menjadi salah satu masalah yang mereka keluhkan. Namun sekarang dengan mudahnya akses komunikasi yang dapat dilakukan oleh individu maupun kelompok tertentu dapat dengan mudahnya terhubung antara satu dengan yang lainnya tanpa harus bertemu secara langsung. Kini komunikasi dapat dilakukan melalui teleconference, yang pastinya akan terciptanya efisiensi waktu yang terbuang oleh jarak.
  3. Mudahnya akses penyebaran informasi, pemublikasian hasil komoditas itu sangatlah penting demi kemajuan sebuah bisnis pertanian. Pempublikasian berita melalui internet jauh lebih cepat dan dapat tersebar dengan luas tanpa menunda waktu jika dibandingkan oleh penyebaran berita dengan fax atau pos. Pempublikasian dapat dengan mudahnya kita lakukan dengan berinteraksi langsung melalui komputer dan bahkan telepon genggam kini pun dapat dipakai untuk penyebaran informasi.
  4. Proses jual-beli yang praktis, dalam kegiatan agrobisnis pastinya membutuhkan beberapa komponen penunjang keberhasilan kegiatan misalnya pembelian bibit-bibit unggul guna menciptakan hasil yang memuaskan serta dalam proses penjualan komoditas pertanian tersebut diperlukan suatu media penghubung. Kini para pelaku kegiatan dapat dengan mudahnya menyebarkan dan mencari informasi penjualan melalui berbagai platform jual beli maupun media sosial sebagai dampak dari pengembangan teknologi informasi yang pesat. Penjual dan pembeli kini dapat berkomunikasi secara langsung tanpa harus bertemu satu sama lain.

Jadi peran perkembangan teknologi memang sudah dirasakan keberadaannya sekarang diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang agrobisnis. Kita dengan mudahnya dapat menyalurkan informasi-informasi pendukung guna mendapat keuntungan-keuntungan dari berbagai aspek yang semakin terasa. Namun selain memberikan keuntungan, teknologi informasi juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang baik seperti halnya penipuan. Oleh karena itu, gunakanlah dengan bijak teknologi tersebut.

Ilham Surya Fariza – H1D020090

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed