by

Penerapan Teknologi dalam Bidang Pendidikan Khususnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Saat ini, seluruh dunia sedang dilanda Coronavirus Disease (COVID-19). Dimana seluruh kegiatan bekerja, belajar, serta aktivitas sehari- hari dilakukan dari rumah. Di saat seperti inilah penerapan teknologi komunikasi dan informasi sangat diperlukan. Kemajuan yang terjadi di dunia modern ini memunculkan peluang maupun tantangan baru bagi dunia pendidikan. Peluang tersebut antara lain berkembangnya metode pembelajaran baru yang tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu serta akses yang lebih luas terhadap konten multimedia yang semakin kaya. Di sisi lain, tantangan yang muncul bagi para penyelenggara pendidikan adalah untuk terus menyesuaikan infrastruktur pendidikan dengan teknologi baru yang terus berdatangan.

Pembelajaran Jarak Jauh (atau disebut juga dengan Pendidikan Jarak Jauh) adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Ada banyak media telekomunikasi yang bisa digunakan dalam rangka menunjang pembelajaran jarak jauh ini, contohnya seperti Google Classsroom dan Microsoft Teams.

Tidak hanya Google dan Microsoft saja, tetapi ada banyak juga penyelenggara pendidikan yang membuat web atau aplikasi khusus untuk lembaga pendidikan mereka masing-masing dalam rangka juga untuk menunjang pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini, seperti eLDirU (e-Learning UNSOED) di Universitas Jenderal Soedirman, VLM UB (Virtual Learning Management UB) di Universitas Brawijaya, dan EMAS (E-learning Management System) di Universitas Indonesia.

Ada banyak fungsi dari dibuatnya web atau aplikasi tersebut, antara lain: sebagai media penyerahan tugas dari mahasiswa kepada dosen, sebagai media presensi kehadiran mahasiswa di setiap mata kuliah yang diambil mahasiswa, sebagai media pemberian modul pembelajaran sebelum mengikuti jam perkuliahan, dan lain sebagainya. Dengan dibuatnya web atau aplikasi tersebut justru memudahkan setiap lembaga untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh dengan sebaik-baiknya. Dan juga diharapkan kepada para penyelenggara pendidikan dan peserta pendidikan di masa pandemi ini, kita sama-sama berdoa dan berjuang bersama untuk bisa survive hingga pandemi ini usai.

Sumber:

Fauzan Akmal (H1D020086)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed