by

Penerapan Teknologi AI dalam kehidupan bisnis

Saat ini Teknologi AI sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seiring perkembangan zaman, teknologi menunjukkan perkembangannya yang begitu pesat. Salah satunya adalah Teknologi kecerdasan buatan atau bisa disebut juga sebagai Artificial Intelligence.

Teknologi ini sudah berkembang di berbagai bidang seperti bidang Kesehatan, Pendidikan, Perbankan, dan lain-lain. Perkembangan Teknologi ini memberikan banyak sekali manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. Membantu pekerjaan sehari-hari agar lebih mudah dan cepat selesai, serta pekerjaan juga bisa diselesaikan otomatis oleh teknologi ini. Itulah mengapa saat ini Teknologi AI sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah penerapan teknologi AI dalam kehidupan berbisnis, yaitu obrolan dengan chatbots dan agen virtual. Chatbots merupakan sebuah robot yang dapat melakukan chatting pada aplikasi pengiriman pesan. Chatbots dikembangkan dengan natural language programming untuk dibuat semirip mungkin dengan obrolan langsung. Hadirnya chatbots ini telah menarik perhatian banyak konsumen dengan begitu akan terus dikembangkan menjadi produk yang lebih canggih. 

Saat ini banyak perusahaan yang mengaplikasikan agen virtual. Agen virtual ini akan menjawab pertanyaan yang diajukan pelanggan dan mengarahkan pada konten yang diajukan, layaknya mesin pencari berteknologi AI. Agen virtual ini akan memberikan pelayanan penuh agar pelanggan puas dengan layanan yang diberikan. Interaksi dengan konsumen lebih mudah begitu pula respon dalam menjawab pertanyaan konsumen pun akan lebih cepat. Konsumen akan lebih mudah mengajukan pertanyaan sebanyak apapun dan mendapatkan jawabannya tanpa harus ke tempatnya. Dengan ini perusahaan akan memberikan pengalaman customers service terbaiknya melalui chatbots ataupun agen virtual. Teknologi AI ini sangat membantu dan mempermudah dalam menjalankan bisnis dan sangat menguntungkan bagi perusahaan. 

Selain itu, tidak hanya obrolan dengan chatbots ataupun agen virtual. Teknologi AI dalam kehidupan bisnis juga diterapkan pada aplikasi ataupun web penjualan online. Dimana ketika konsumen melakukan pencarian barang yang hendak dibeli akan muncul produk yang dicari dari berbagai toko di situs penjualan online tersebut. Ataupun ketika konsumen melakukan pencarian produk di situs web, nantinya laman yang pernah dibuka akan terbaca dan di situs web lain mungkin akan dimunculkan sebagai rekomendasi. Teknologi AI ini akan memulai dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan konsumen terlebih dahulu kemudian ditunjukkan kepada konsumen melalui iklan mungkin atau dijadikan rekomendasi di laman penelusuran konsumen. Dengan ini akan mempermudah perusahaan dalam memberikan rasa puas kepada konsumen dan juga mendapatkan keuntungan yang besar dalam menarik perhatian konsumen.

H1D020008 – Dieny Izzaty

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed