by

Penerapan IT dalam Kondisi Pandemi Covid-19

Ngapakuy – Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini yg sudah membawa efek yang sangat besar terhadap terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing serta perubahan di kehidupan bermasyarakat sehingga teknologi dapat berkembang secara pesat di kondisi pandemi seperti ini

Teknologi yang mulai berkembang pesat di masa pendemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robot yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan ini. Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menjaga jarak atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka banyak startup dan periset mencoba bermacam cara untuk berinovasi membuat robot agar bisa mengurangi kontak dengan sesama manusia. Teknologi yang memiliki kegunaan ‘tanpa sentuh’ kini sudah mulai banyak digunakan khususnya di tempat umum.

Akibat penerapan physical distancing dan social distancing teknologi informasi memiliki banyak manfaat serta peranan penting sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut, diantaranya dalam urusan pemerintahan, pendidikan, bisnis, ekonomi, kesehatan, bahkan urusan agama dan ibadah

Pemanfaatan teknologi informasi dalam kondisi pandemi Covid-19 di bidang pendidikan yakni pembelajaran jarak jauh atau yang disingkat pjj menggunakan zoom,google meet,google classroom atau media pembelajaran online lainnya.

pembelajaran secara daring melalui media zoom dan google meet

Di bidang Pemerintahan,teknologi informasi memiliki manfaat untuk menyebarluaskan informasi melalui website dan sarana komunikasi melalui video conference serta dengan pemanfaatan teknologi informasi,pemerintah dapat secara mudah untuk melakukan tracking dan tracing penyebaran Covid-19.

video conference yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia

Teknologi informasi di kondisi pandemi Covid-19 ini juga memiliki manfaat di bidang bisnis yaitu dengan sistem e-commerce yang tidak mengharuskan masyarakat datang ke tempat perbelanjaan.Sistem e-commerce ini juga bermanfaat untuk pelaku usaha mikro atau umkm untuk mendapatkan profit yang lebih besar.

Selain bidang yang telah disebutkan diatas,teknologi informasi juga memiliki manfaat untuk menampilkan data secara real time tentang perkembangan penyebaran Covid-19 di suatu negara atau wilayah.

Handrisza Arya Resta – H1D020006

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed