by

Penerapan Artificial Intelligence di Bidang Industri Manufaktur

Foto diambil dari situs https://www.talenta.co/blog/hr-manufaktur/ketahui-artificial-intelligence-dalam-proses-industri-manufaktur/

Ngapakuy – Zaman semakin berkembang, teknologi pun semakin maju. Zaman sekarang yang sudah di fase Revolusi Industri 4.0, dimana teknologi sudah menjalar ke segala jenis bidang kehidupan, manusia memerlukan suatu sarana untuk menggantikan kerja dari manusia itu sendiri. Muncullah kecerdasan buatan atau yang biasa disebut dengan Artificial Intelligence.

Apa itu Artificial Intelligence ? Artificial Intellegence (AI) adalah simulasi kecerdasan manusia dalam program mesin agar mesin tersebut dapat berpikir dan bertindak selayaknya manusia. Karakteristik dari AI sendiri yaitu sebuah program yang dapat merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang tinggi dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Perkembangan artificial intelligence terus meningkat seiring berkembangnya zaman dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Artificial Intelligence (AI) ini dapat diterapkan di berbagai bidang kehidupan, contohnya di bidang industri manufaktur dalam penggunaan mesin yang dapat menghitung jumlah produksi sebagai salah satu alur produksi.

Foto diambil dari situs https://indoforwarding.com/manufaktur-adalah/

Teknologi dari Artificial Intelligence yang dapat diterapkan di proses industri manufaktur itu sendiri yaitu :

Algoritma Genetik (AG)

Algoritma genetik adalah teknik optimasi AI yang berprosedur dengan mengadaptasi proses seleksi alam. Cara bekerja algoritma ini yaitu membentuk sebuah populasi yang terdiri dari individu-individu yang mempresentasikan sebuah solusi yang mungkin bagi setiap permasalahan industri yang ada. Individu tersebut akhirnya menunjukkan penyelesaian terhadap permasalahan jika solusinya kuat dan peluangnya tinggi.

Simulated Annealing (SA)

Simulated Annealing (SA) adalah salah satu algoritma untuk optimasi yang bersifat generik. Hal ini berarti optimasi yang didasarkan atas probabilitas dan mekanika statistik. Biasanya, masalah yang diselesaikan dengan cara ini yaitu masalah yang memiliki ruang pencarian solusi yang terlalu besar.

Tabu Search (TS)

Tabu search adalah teknik optimasi dengan melakukan penyelesaian masalah industri untuk menghindari pengulangan. Proses pencarian masalah dilakukan demi menemukan solusi satu ke solusi lainnya, hal ini dilakukan dengan tidak melakukan pencarian ulang pada ruang solusi yang telah ditelusuri.

Algoritma Immune System (AIS)

Algoritma immune adalah salah satu algoritma optimasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Seperti ketiga aplikasi artificial intelligence sebelumnya, pengaplikasian algoritma immune juga populer sebagai alat optimasi dalam sistem manufaktur. Sistem ini dibuat sebagai salah satu sistem dengan cara peniruan tingkah laku dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Faiz Alana (H1D020082)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed