by

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Perbankan

ngapakuy.com – Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi mengalami kemajuan dengan pesat. Hal ini mengakibatkan mudahnya bagi setiap orang untuk mengakses informasi yang diinginkannya.

Menurut Haag dan Keen (1996), “Teknologi informasi merupakan seperangkat tools (alat) yang dapat membantu suatu pekerjaan dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan pemrosesan suatu informasi.”

Dengan demikian, teknologi informasi dapat membantu kita mempermudah pekerjaan sehari-hari, salah satunya dalam dunia perbankan.

Jika dahulu kita menyimpan uang atau menabung di celengan, sekarang kita dapat melakukannya di bank. Bank merupakan salah satu tempat untuk menyimpan uang atau menabung dengan keamanan dan keuntungan yang nantinya akan kita dapatkan. Dengan teknologi informasi, bank semakin mudah untuk dijangkau oleh banyak orang. Misalnya dalam pembuatan rekening, dengan teknologi yang terus berkembang sekarang kita dapat membuka rekening hanya dengan di rumah saja dan melakukannya secara daring.

Selain itu, contoh lain dari pemanfaatan teknologi dalam perbankan ialah:

  • Uang Elektronik (Electronic Money)

Electronic money (e-money) merupakan alat pembayaran dalam bentuk elektronik dimana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu. Media elektronik yang digunakan untuk menyimpan uang dapat berupa chip atau server. Cara penggunaan e-money adalah mengisi terlebih dahulu media elektronik tersebut dan saat digunakan nilai e-money yang tersimpan akan berkurang. Penggunaan e-money ini dapat kita liat dalam transaksi pada transportasi, seperti kereta api, angkatan umum, dan transaksi di jalan tol. Selain itu juga dapat kita gunakan sebagai alat transaksi pada minimarket, food court, atau parkir.

  • Mobile Banking

Mobile banking (m-banking) merupakan salah satu layanan bank yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dan melihat informasi tentang rekening kita melalui smartphone. Cara penggunaan m-banking adalah dengan kita mengunduh aplikasi mobile banking dari bank yang kita gunakan dan setelahnya kita dapat gunakan selayaknya menggunakan ATM. Hal terpenting saat menggunakan m-banking adalah kita harus sudah terhubung dengan internet. Keuntungan dari m-banking adalah kita dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun, seperti transaksi uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan transaksi lainnya.

  • ATM

ATM atau Automatic Teller Machine adalah sebuah mesin teller otomatis yang dapat digunakan nasabah sebagai bentuk layanan bank untuk mengecek rekening tabungan dan mengambil uang tanpa perlu pergi ke bank dan dilayani oleh seorang teller. Selain itu, ATM juga dapat kita gunakan untuk men-transfer uang dan “setor tunai”. Setor tunai di sini dapat diartikan bahwa kita dapat menyetorkan uang untuk menambahkan saldo rekening tabungan hanya dengan ke ATM. Dengan demikian, ATM dapat sangat mempermudah kita dalam melakukan setiap transaksi tanpa harus pergi ke bank dan mengantre panjang, yang perlu kita lakukan cukup dengan mengunjungi mesin ATM terdekat.

Katarina Putri Praditasari
H1D020078

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed