by

Pemanfaatan E-Commerce bagi Perkembangan UMKM

sumber : idcloudhost.com

Di negara berkembang seperti Indonesia, industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang perekonomian negara. Pertumbuhan UMKM yang meningkat 6% setiap tahunnya didorong oleh banyak pihak, termasuk pemerintah dan lembaga swasta yang kerap memberikan pembinaan dan pendampingan usaha.

            Dalam perkembangannya, banyak ditemui permasalahan bagi para pelaku usaha seperti enggannya memanfaatkan teknologi untuk menunjang dan mendukung perkembangan usahanya meskipun saat ini teknologi sudah sangat mudah ditemukan.

            Keberagaman kreativitas masyarakat Indonesia sangat berpotensi untuk membangun UMKM yang berdaya saing tinggi. Hanya saja sebagian orang tidak tahu cara memanfaatkan potensi tersebut. Banyak produk-produk UMKM yang berkualitas namun tidak memiliki pasar yang luas sehingga perkembangan UMKM menjadi lambat.

            Kondisi tersebut merupakan kesempatan bagi para penggiat teknologi untuk membantu para pelaku UMKM mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Pelaku UMKM dapat mengadaptasi layanan berbasis teknologi untuk menjalankan pemasaran secara online, sehingga dapat terciptanya ragam peluang baru yang menguntungkan.

sumber : idcloudhost.com

            Pemasaran secara online selain membuat jangkauan pasar menjadi luas juga dapat mengurangi biaya promosi yang biasanya dilakukan melalui brosur-brosur dan media cetak lain. Sebagai contoh seorang pelaku usaha memasarkan produknya melalui layanan markerplace seperti Bukalapak, Tokopedia,Shopee,dll. Dengan hal tersebut, para pelaku usaha cukup berfokus pada bidang produksinya saja.

            Selain melalui marketplace, para pelaku usaha juga dapat membuat situs penjualan mandiri. Situs penjualan yang mandiri membuat para pelaku usaha dapat mendesain, mendekorasi, dan menghias platform penjualannya sesuka mereka. Mereka dapat membuat situs/web nya secara mandiri atau dapat memesan ke suatu perusahaan rintisan penyedia layanan pembuatan website dan hosting. Dengan begitu, kedua pihak dapat saling mendukung untuk memajukan usahanya.

Zaki Qorindi | H1D020016

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed