by

Kemajuan Teknologi Informasi dan Efeknya Terhadap Industri Musik

Sejak abad ke-20, teknologi informasi perlahan tapi pasti mulai mempengaruhi dunia dan memperkecil jarak antar manusia di berbagai belahan bumi.  Seiring berjalannya waktu teknologi informasi telah membantu berbagai industri untuk mengelola berbagai informasi yang tersimpan di berbagai jenis perangkat. Dalam industri keuangan misalnya, kemanan informasi nasabah semakin meningkat dengan adanya metode enkripsi berteknologi tinggi dan big data telah membantu pengarsipan informasi dengan hati-hati. 

Big data memainkan peran besar dalam mengelola dan mengkategorikan data dengan skala besar. Dalam industri musik, penggunaan Big Data dapat dilihat dari layanan streaming seperti Spotify. Keberadaan dan penerapan Big Data dalam layanan streaming musik  ditujukan untuk memastikan bahwa statistik musik yang dipublikasikan tersedia untuk dipantau oleh artis dan manajer. Analisis ini bertujuan untuk membantu memahami hasil kinerja karya musik tertentu. Oleh karena itu, layanan ini memberikan peluang bisnis yang menguntungkan bagi para musisi yang terus aktif menghasilkan musik-musik berkualitas yang dinikmati banyak orang. Penerbit akan dapat dengan hati-hati mengumpulkan royalti yang menjadi haknya tanpa ada perbedaan dalam struktur pembayaran.

Penggunaan Big Data membantu memberikan musisi kesempatan untuk mendapatkan aliran pendapatan yang stabil. Berkat penemuan baru ini, musisi di seluruh dunia kini memiliki sumber penghasilan tambahan selain harus bergantung pada pertunjukan umum seperti konser. Inovasi ini membantu memberdayakan bisnis baru untuk menemukan model pendapatan yang menguntungkan dalam layanan streaming. Penggunaan Big-Data di bidang teknologi tidak hanya membantu bisnis dan musisi, tetapi juga pelanggan yang mendengarkan musik. Pelanggan di layanan streaming sekarang dapat menemukan musik berdasarkan jenis musik yang telah mereka dengarkan  sebelumnya. Pemrograman cerdas Big Data membantu memenuhi selera musik pelanggan sehingga pelanggan tidak perlu repot-repot mencari jenis musik yang mereka sukai.

Konser Coldplay di São Paulo 2017. Sumber: https://www.coldplay.com/tour/

Penerbit sekarang memiliki kesempatan untuk memahami musik yang disukai publik sehingga mereka dapat merekomendasikan jenis musik yang sama kepada pelanggan. Pembuat musik dapat menggunakan informasi ini untuk mengembangkan musik yang akan dijual ke publik. Berkat inovasi ini, musisi sekarang dapat membuat musik yang benar-benar laku ketimbang membuat musik yang mereka harap laku tetapi kemudian kecewa karena tidak sesuai dengan harapan. Produser tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam menganalisis tangga musik untuk menemukan pola musik yang disukai publik. Bahkan informasi seperti judul lagu dan album dapat ditentukan dari data-data yang dikumpulkan.

Sumber: https://sabreentertainment.net/the-influence-of-information-technology-in-music/

Ilhan Mahardika Pratama (H1D020058)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed