by

Face Recognition, Bantu Kepolisian Mengungkap Kejahatan

Ngapakuy – Face Recognition adalah metode untuk mengidentifikasi atau memverifikasi identitas seseorang menggunakan wajahnya. Face Recognition dapat digunakan untuk mengidentifikasi wajah dalam foto, video, atau secara real-time.

Teknologi ini sudah banyak di kembangkan di berbagai bidang seperti keuangan, kepolisian, keamanan, dan masih banyak lagi. Salah satu peranan Face Recognition yang cukup krusial adalah di sektor kepolisian.

International Criminal Police Organization atau sering kita sebut dengan INTERPOL, memiliki sebuah teknologi Face Recognition yang sangat mutakhir bernama INTERPOL Face Recognition System (IFRS).

Dipadukan dengan aplikasi perangkat lunak biometrik otomatis, sistem ini mampu mengidentifikasi atau memverifikasi seseorang dengan membandingkan dan menganalisis pola, bentuk, dan proporsi fitur dan kontur wajah mereka.

Ketika gambar wajah masuk ke dalam sistem, secara otomatis akan dienkripsi oleh algoritma dan dibandingkan dengan profil yang sudah disimpan di dalam sistem. Proses ini akan menghasilkan daftar ‘kandidat’ yang paling mungkin cocok.

Lebih dari 1.000 penjahat, buronan, serta orang hilang telah teridentifikasi sejak peluncurannya pada akhir 2016.

Source : Interpol, EFF

Faizal Amri – H1D020022

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed